PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPS
Main Authors: | Pujianto, Agus, Darsono, Darsono, Pujiati, Pujiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/2370 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/2370/1456 |
Daftar Isi:
- This research aims to apply inquiry learning that can increase studentâ€TMs critical thinking ability and studentâ€TMs learning achievement. To increase studentâ€TMs critical thinking ability and studentâ€TMs learning achievement with classroom action research by using inquiry learning. The data collecting technique was through observation, questionnaire and written test. Based on the observation and the questionnaire of critical thinking ability the students got an increase in each cycles. Based on the result of written test it was known that studentsâ€TM learning achievement got an increase that in cycle 1 the percentage of completion reached 51,85 %, after the application of cycle 2 the percentage of completion reached 70,37% and after the application of cycle 3 the percentage of completion reached 92,59%.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa. Untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dengan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes tertulis. Berdasarkan observasi dan angket kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil tes tertulis diketahui prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada saat siklus 1 persentase ketuntasan mencapai 51,85 %, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus 2 persentase ketuntasan mencapai 70,37 % dan setelah pelaksanaan tindakan siklus 3 persentase ketuntasan mencapai 92,59 %.Kata kunci: pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar