ANALISIS STRATEGI INOVASI ATRIBUT PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SKUTER MATIK MEREK HONDA VARIO DI KOTA SEMARANG

Main Author: Suatma, Jasa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal STIE Semarang , 2013
Online Access: http://jurnal.stiesemarang.ac.id/index.php/JSS/article/view/65
http://jurnal.stiesemarang.ac.id/index.php/JSS/article/view/65/57
Daftar Isi:
  • Atribut produk menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian atas produk dan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Atribut-atribut yang menyertai suatu produk dapat menjadikan suatu ciri yang dapat membedakan produk sejenis antara perusahaan satu dengan perusahaan lain.  Inovasi pada atribut produk skuter matik Honda Vario dilakukan dalam tiga unsur penting yaitu kualitas produk (product quality), fitur produk (product features) dan desain produk ( product design). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu inovasi atribut produk yang terdiri dari kualitas produk (X1), fitur produk (X2) dan desain produk (X3) terhadap variabel terikat berupa keputusan pembelian konsumen (Y) pada skuter matik merek Honda Vario di Kota Semarang.             Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang memiliki skuter matik merek Honda Vario di Kota Semarang. Data diperoleh dari 100 responden yang dijadikan sampel, alat analisa yang digunakan regresi berganda, koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis dengan T-test dan pengujian hipotesis secara simultan dengan F-test.             Berdasarkan analisa regeresi berganda diketahui bahwa variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh positif yang searah dengan variabel terikat. Selanjutnya hasil analisis data diperoleh nilai R2 sebesar 81,0%, artinya 81,0% variasi variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. Sedangkan sisanya (19%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar  model.             Hasil uji hipotesis baik parsial maupun simultan menunjukkan hasil  analisis bahwa semuanya mendukung hipotesis yang diajukan yaitu  variabel-variabel bebas berupa strategi inovasi  atribut produk yang terdiri dari kualitas produk (X1), fitur produk (X2) dan desain produk (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat berupa keputusan pembelian konsumen (Y) pada skuter matik merek Honda Vario di Kota Semarang. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain produk (X3) merupakan strategi inovasi atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada skuter matik merek Honda Vario di Kota Semarang   Kata kunci : inovasi, keputusan pembelian