PENGARUH BIMBINGAN UJI KOMPETENSI ONLINE TERHADAP HASIL TRY OUT LOKAL UJI KOMPETENSI MAHASISWA AKPER RS. DUSTIRA

Main Author: Malisa, Novi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia , 2020
Online Access: https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/2337
https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/2337/1730
Daftar Isi:
  • Competency Test aims to achieve a standard graduate competency that meets working standards as healthcare personnel. Therefore, the graduation of competency test is very important for the health workers to be able to gain recognition for their competence. Various methods have been applied by educational institutions to prepare their students for the competency test. The purpose of this research is to know the influence of the guidance of online competency Test against the results of the local try-out student Competency Test Akper RS. Dustira. Design research using one group pre-post test design. The population in this study is a level III student of Akper RS. Dustira. A research sample of 125 respondents was taken with the Purposive Sampling technique. Data obtained through the local try-out activity of the competency test with the number of questions 180 vignette questions that have been compiled by a team that has certificate development and item review items with an online system. Data analysis Using test paired t test with α = 0.05. The results showed that the average pre test value before the intervention was given was 46.9110 with 38.4% of the respondents could not meet the pass limit. Average post test value after given intervention is 80.2845 with 100% of respondents can meet the pass limit. Online tutoring proved to significantly increase the value of students when the try out local competency test (P = 0,000). Online guidance can be used as an alternative program method to prepare students for competency test.
  • Uji kompetensi bertujuan untuk mencapai standar kompetensi lulus yang memenuhi standar kerja sebagai tenaga kesehatan. Oleh karena itu kelulusan uji kompetensi menjadi hal yang sangat penting bagi tenaga kesehatan untuk dapat memperoleh pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya. Berbagai metode telah diterapkan oleh Institusi pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswanya menghadapi uji kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan uji kompetensi online terhadap hasil try out lokal uji kompetensi mahasiswa Akper RS. Dustira. Desain penelitian menggunakan one group pre-post test design. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa tingkat III Akper RS. Dustira. Sampel penelitian sebanyak 125 responden diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data diperoleh melalui kegiatan try out lokal uji kompetensi dengan jumlah soal 180 pertanyaan vignette yang telah disusun oleh tim yang memiliki sertifikat item development dan item review dengan sistem online. Analisis data menggunakan uji paired t test dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pre test sebelum diberikan intervensi adalah 46,9110 dengan 38,4% responden belum dapat memenuhi batas lulus. Rerata nilai post test setelah diberikan intervensi adalah 80,2845 dengan 100% responden dapat memenuhi batas lulus. Bimbingan online terbukti secara signifikan meningkatkan nilai mahasiswa saat try out lokal uji kompetensi (p=0,000). Bimbingan online dapat dijadikan alternatif metode program untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi uji kompetensi.