PENGGUNAAN METODE SUGESTOPEDIA MELALUI TEKNIK KATA-KATA BERIRAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SUSUKAN LEBAK

Main Author: ., Mudopar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2016
Online Access: http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/233
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/233/229
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pembelajaran menulis puisi di sekolah menengah pertama di wilayah Kecamatan Susukan Lebak masih dianggap belum memberikan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal disimpulkan bahwa kekurangmaksimalan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi pokok permasalahan, baik dari faktor siswa maupun faktor yang bersumber dari guru. Faktor dari siswa yaitu mereka beranggapan bahwa menulis puisi merupakan salah satu materi yang sulit dipahami. Tidak hanya itu, mereka juga masih belum mampu menggunakan kata-kata yang tepat untuk dijadikan sebuah puisi. Faktor dari pihak guru yaitu kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model atau strategi pembelajaran yang menarik. Melihat kondisi tersebut penulis melakukan penelitian eksperimen dengan cara menerapkan metode sugestopedia melalui teknik kata-kata berirama dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Susukan Lebak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.A dan VIII.C, kelas VIII.A dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII.C dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan cara tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik, uji tes. Setelah penulis melakukan analisis data, hasil uji t membuktikan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII.C memperoleh nilai posttes rata-rata 5,37, lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas VIII.A yang menggunakan metode Sugestopedia melalui teknik kata-kata berirama yaitu 6,72. Selain itu perhitungan hasil uji t juga membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 4,5 >2,77 pada taraf signifikan 5%. Hal ini, berarti H0 ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode sugestopedia melalui teknik kata-kata berirama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Susukan Lebak dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: metode sugestopedia, teknik kata-kata berirama, menulis puisi