PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING

Main Author: Susilo, Jimat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2016
Online Access: http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/232
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/232/228
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama atau bahasa ibu, pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua selain bahasa ibu, dan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Untuk kelompok ketiga, yaitu pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing biasa disebut sebagai pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Perkembangan BIPA sampai saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, semenjak program pembelajaran BIPA mulai dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi dan lembaga kursus di Indonesia, sampai saat ini belum memiliki kurikulum standar nasional. Masing-masing lembaga penyelenggara program memiliki kurikulum tersendiri sesuai dengan latar belakang pendirian program. Pada tulisan ini, dipaparkan rancangan kurikulum BIPA yang dapat dikembangankan oleh penyelenggara program atau pun lembaga yang akan menyelenggarakan program BIPA. Pada prinsipnya, pengembangan kurikulum BIPA didasarkan pada prinsip relevansi, efektivitas, efisiensi, kesinambungan, dan fleksibilitas. Prinsip-prinsip ini digunakan untuk penyusunan rancangan kurikulum yang meliputi, penentuan tujuan, ruang lingkup dan sumber bahannya, dan evaluasi. Rancangan ini merupakan rancangan sederhana kurikulum BIPA yang dapat dikembangkan oleh lembaga penyelenggara program berdasarkan pada analisis kebutuhan. Kata Kunci: BIPA, pengembangan, kurikulum