Aplikasi Pendeskripsi Produk Secara Otomatis dengan Metode Text Mining

Main Authors: Subrata, Bandel Elon, Sholva, Yus, Pratama, Enda Esyudha
Other Authors: Comdev & Outreaching Universitas Tanjungpura
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura , 2023
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/47369
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/47369/75676596172
Daftar Isi:
  • Deskripsi produk merupakan hal yang sangat penting bagi konsumen untuk dapat mengetahui kandungan dan komposisi pada suatu produk. Dengan membaca deskripsi produk, konsumen dapat menghindari kesalahan dalam penggunaan atau pemilihan produk, terutama bagi pengguna produk sensitif ataupun yang memiliki alergi terhadap kandungan zat tertentu. Sayangnya banyak ditemukan deskripsi produk yang ditulis dengan ukuran huruf yang terlalu kecil, sehingga membuat konsumen kesulitan untuk membacanya. Meskipun sebenarnya informasi terkait suatu produk dapat dicari menggunakan search engine seperti Google, namun konsumen akan tetap merasa kesulitan karena mereka harus meluangkan waktu untuk mencari informasi produk dengan mengakses link pencarian satu per satu. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi yang dapat mendeskripsikan secara otomatis menggunakan metode Text Mining dengan teknik “grabbing” dari dua sumber data, yaitu website smarco.co.id dan klikindomaret.com. Website Smarco dijadikan target pertama untuk proses grabbing karena website ini menyediakan data barcode produk. Selanjutnya, dilakukan proses grabbing tahap dua untuk mendapatkan detail deskripsi produknya. Melalui pendekatan ini, pengguna dapat mencari deskripsi produk dengan cara memasukan nomor barcode yang tertera pada kemasan produk. Pengujian dilakukan dengan melakukan pencarian menggunakan 100 nomor barcode produk yang dikumpulkan secara acak. Hasilnya 34 produk ditemukan pada grabbing tahap pertama dan 66 produk tidak ditemukan karena data tidak tersedia pada website Smarco dan dilakukan analisis dengan recall dan precision yang menunjukkan hasil nilai recall 34% dan precision 44%. Rendahnya nilai recall dan precision terjadi karena data produk tidak tersedia pada website sumber. Hal ini telah dibuktikan melalui pengecekan kembali (crosscheck) produk - produk yang tidak ditemukan di aplikasi tersebut secara langsung pada website smarco.co.id dan indomaret.com.