PENERAPAN NILAI AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA YP UNILA BANDARLAMPUNG

Main Authors: Negara, Andini Kusuma, Wendhaningsih, Susi, Daryanti, Fitri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Seni dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/8467
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/8467/5218
Daftar Isi:
  • The purpose in this study was how the application of the affective value in learning art of dance in X.MIA 3 class YP Unila Senior High School Bandar Lampung 2014/2015 school year. The theory used was learning,drill method, affective, bedana dance. This type of research was a qualitative descriptive. Sources of data in this study were cooperation value, responsible, tolerance, discipline, teacher, 34 students, 9 shapes of bedana dance and X.MIA 3 class. Data collection techniques source used were observation, interviews, documentation, and non test. Application of affective values seen in the activity of students in the implementation of learning bedana dance. Overall value of affective student in X.MIA 3 class YP Unila Bandar Lampung, catagorized good, because of student have been applied affective value of behavioral description, according to the good assesment criteria.Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai afektif dalam pembelajaran tari bedana di kelas X.MIA 3 SMA YP Unila Bandarlampung. Teori yang digunakan yaitu pembelajaran, metode drill, ranah afektif, dan tari bedana. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah nilai kerjasama, tanggung jawab, toleransi, disiplin, guru, 34 peserta didik, 9 ragam gerak tari bedana, kelas X.MIA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan non tes. Penerapan nilai afektif terlihat pada aktivitas peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran tari bedana. Secara keseluruhan nilai afektif peserta didik di kelas X.MIA 3 SMA YP Unila Bandarlampung dikatagorikan baik, dikarenakan peserta didik telah menerapkan deskriptor perilaku nilai afektif, sesuai dengan kriteria penilaian baik.Kata kunci : nilai afektif, metode drill, tari bedana.