PENERAPAN EVALUASI FORMATIF PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMK WIYATA KARYA NATAR

Main Authors: Ayu, Fivita, Hasyimkan, Hasyimkan, Daryanti, Fitri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Seni dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/6145
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/6145/3759
Daftar Isi:
  • This study aims to describe the process and results of the application of the formative evaluation of learning Bedana dance in SMK Wiyata Karya Natar. This research uses a qualitative descriptive method. Source of the data obtained in this study were 10 students who take extracurricular activities. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and practices testing. Step of the implementation of formative evaluation is to formulate or reinforce the teaching objectives, set the "test situation" which is necessary, prepare an evaluation tool, using the results of the evaluation. Rating given by rote aspects of movement and accuracy of the count, but it is also an assessment of student learning activities at each meeting. The results of the application of the formative evaluation of learning Bedana dsnce in SMK Wiyata Karya Natar shows that the average of all aspects of dance assessment criteria Bedana gets better with an average score of 75,5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan evaluasi formatif pada pembelajaran tari Bedana di SMK Wiyata Karya Natar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Langkah-langkah pelaksanaan evaluasi formatif adalah merumuskan atau mempertegas tujuan-tujuan pengajaran, menetapkan “test situation” yang diperlukan, menyusun alat evaluasi, menggunakan hasil evaluasi. Penilaian diberikan melalui aspek hafalan gerak dan ketepatan hitungan, selain itu juga penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil penerapan evaluasi formatif pada pembelajaran tari Bedana di SMK Wiyata Karya Natar menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari Bedana mendapat kriteria baik dengan rata-rata skor 75,5.   Kata kunci: pembelajaran, evaluasi, tari bedana.