PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

Main Authors: Rahmawati, Rahmawati, Fuad, Muhammad, Mustika, I Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Seni dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/5440
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/5440/3389
Daftar Isi:
  • The problem in this research is learning process of sigeh penguten dance using demonstrations method in the extracurricular activity at senior high school 9 Bandar Lampung. This research aimed to describe the learning of sigeh penguten dance using demonstrations method in the extra-curricular activity at senior high school 9 Bandar Lampung. This research is a qualitative descriptive research. The source of data in this research is an art teacher and students grade ten in the extracurricular activity. The data collecting techniques which is used are observation, interview, documentation, and pratice test. The result of this research shows that learning of sigeh penguten dance used demonstrations method in this school is enough with the average value 72,6. Assessment is given through four aspects of movement recitation, movement technic, accuracy and expression motion with accompaniment while dancing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas X yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi di sekolah ini terbilang cukup dengan nilai rata-rata 72,6. Penilaian diberikan melalui empat aspek, yaitu hafalan gerak, teknik gerak, ketepatan gerak dengan iringan, dan penghayatan atau ekspresi saat menari.  Kata kunci : demonstrasi, pembelajaran, sigeh penguten