ANALISIS STRUKTUR DAN MARJIN PEMASARAN KARET DI KABUPATEN KAPUAS HULU
Main Authors: | Ulum, Fasyofi Dahrul, Nurliza, Nurliza, Rakhmad Hidayat, Rakhmad Hidayat |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura
, 2023
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/9605 |
Daftar Isi:
- Karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang diperdagangkan secara internasional memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penerimaan devisa negara. Marjin yang diperoleh lembaga pemasaran karet sesuai dengan karateristik pasar yang dicerminkan, salah satunya adalah prilaku pasar dan jumlah lembaga pemasaran yang terlibat langsung. Tujuan penelitian adalah menganalisis struktur pasar dan marjin lembaga pemasaran karet. Metode yang digunakan adalah metode survey yang dianalisis secara deskriptif.Untuk melihat struktur pasar digunakan analisis Indeks Herfindahl, sedangkan untuk melihat marjin digunakan analisis marjin pemasaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwastruktur pasar yang terjadi pada lembaga pemasaran karet di Kabupaten Kapuas Hulu mengarah padapasar persaingan tidak sempurna (oligopsoni). Hal ini dicerminkan oleh Indeks Herfindahl (0< IH < 1), kemudian marjin pemasaran yang diperoleh berkisar antara Rp 2.000 sampai dengan Rp 2.500 per kg. Lembaga pemasaran seharusnya dapat memperoleh informasi pasar secara akurat, sehingga mengetahui saluran pemasaran karet yang lebih menguntungkan, serta perlu adanya peranan pemerintah dalammengatasi persoalan-persoalan pada perkebunan karet. Kata kunci: Karet, Marjin, Struktur Pasar, Analisis Indeks Herfindahl