analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di pondok jamu yasa husada kota pontianak
Main Author: | nurliza, tria anjani eva dolorosa |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura
, 2023
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/8670 |
Daftar Isi:
- Pondok Jamu Yasa Husada (PJYH) merupakan industri kecil yang berdiri pada tahun 2008 dan tergabung dalam ASPETRI (Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia). Tingginya persaingan dalam industri jamu khususnya di daerah Pontianak cukup ketat, maka pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan suatu hal yang utama. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut Pondok Jamu Yasa Husada untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi harapan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Hal tersebut menuntut terciptanya pelayanan yang mengarah pada pemenuhan selera atau kebutuhan konsumen dengan memperhatikan tingkat kepuasannya. Tujuan penelitian menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Pondok Jamu Yasa Husada Kota Pontianak. Metode Accidental Sampling digunakan pada 96 responden. Analisis data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen atas kualitas jasa pelayanan di Pondok Jamu Yasa Husada dengan menentukan prioritas perbaikan mutu (Diagram Kartesius). Hasil penelitian tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Pondok Jamu Yasa Husada kota Pontianak adalah berada di kuadran II (pertahankan prestasi) atau dalam kategori puas dengan persentase 33 persen. Adapun atribut yang masuk pada pertahankan prestasi ini yaitu Cepat-tanggap karyawan dalam melayani konsumen, Khasiat dan manfaat jamu, Kandungan bahan alami, Pengetahuan karyawan terhadap jamu, Kehigienisan jamu, Kebersihan dan Kenyamanan tempat di sekitar armada jamu. Kata kunci: Importance Performance analysis (IPA), Kepuasan Konsumen, Pelayanan.