PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAYURAN DI PASAR MODERN KOTA PONTIANAK
Main Authors: | Romi, agri, Nurliza, Dr, Imelda, Ir |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura
, 2023
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/8382 |
Daftar Isi:
- Sayuran sangat berperan penting dalam penyuplai serat bagi tubuh manusia. Saat ini sayuran tersedia di mana-mana pasar tradisional dan lainnya, namun ada sebagian konsumen lebih memilih membeli sayuran di pasar modern di karenakan selain pendapatan meningkat, gaya hidup berubah, juga keterbatasan waktu berbelanja, selain itu juga dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran dan kepercayaan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor psikologis yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian sayuran di pasar modern Kota Pontianak dengan metode deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dipilih di tujuh pasar modern Kota Pontianak yang merupakan sentra pasar modern yang menawarkan produk sayuran yang segar dan higeinis dengan purposive sampling sebanyak 100 sampel yang dianalisis dengan analisis Konjoin. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang paling tinggi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sayuran di pasar modern Kota Pontianak adalah faktor persepsi dikarenakan tingginya tingkat perhatian konsumen terhadap kemasan dan tempat (rak) sayuran, pemahaman konsumen terhadap kriteria kesegaran dan higeinis sayuran sehingga sebagian besar konsumen mempersepsikan kemasan dan tempat (rak) sayuran dan kriteria kesegaran dan higeinis sayuran di pasar modern Kota Pontianak sudah baik dan sesuai untuk menarik perhatian konsumen. Kata kunci: Faktor Psikologis Konsumen, Keputusan Pembelian, Sayuran, Pasar Modern, Analisis Konjoin.PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAYURAN DI PASAR MODERN KOTA PONTIANAK