Adopsi Algoritma SAW dalam Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Strategi Pembelajaran Adaptif
Main Authors: | Prakisya, Nurcahya Pradana Taufik, Aristyagama, Yusfia Hafid, Budiyanto, Cucuk Wawan, Hatta, Puspanda, Liantoni, Febri, Yuana, Rosihan Ari, Ramadhan, Raqael Fisabillah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/45319 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/45319/23800 |
Daftar Isi:
- Pada masa pandemi Covid-19, model pembelajaran adaptif menjadi alternatif pilihan dalam pembelajaran jarak jauh pada pendidikan perguruan tinggi. Permasalahan yang ditemui adalah tidak semua tenaga pendidik siap melakukan penyesuaian dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh. Akibatnya, peserta didik mungkin menemukan materi pembelajaran online yang terlalu sederhana, atau malah sangat rumit. Hal ini berakibat pada hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan adopsi algoritma SAW dalam sistem penunjang keputusan penentuan strategi pembelajaran adaptif. Jenis penelitian ini merupakan research and development. Sistem dikembangkan dengan model spiral. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dilekatkan dalam sistem. Anggota sampel data adalah dosen pengguna sistem. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sistem mendapatkan input data dari angket digital terintegrasi yang menggambarkan kondisi dari masing-masing mahasiswa. Sistem dievaluasi dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menganalisis tingkat persepsi kebergunaan sistem. Melalui sistem ini, tenaga pendidik diharapkan dapat memperoleh rekomendasi perlakuan yang sesuai dengan kondisi mahasiswa sehingga mereka dapat lebih fokus pada penerapan strategi dan substansi pembelajaran.
- Pada masa pandemi Covid-19, adaptive learning menjadi alternatif pilihan dalam pembelajaran jarak jauh karena setiap peserta didik berada pada lingkungan dan instrumen pembelajaran yang juga beragam. Permasalahan yang ditemui adalah tidak semua pengajar siap melakukan penyesuaian dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh serta membantu para peserta didik secara maksimal sebagaimana saat mengajar langsung di kelas. Akibatnya, peserta didik mungkin menemukan materi pembelajaran online yang terlalu sederhana, atau malah sangat rumit. Hal ini berakibat pada perlakuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan sistem penunjang keputusan dengan algoritma Simple Additive Weight (SAW). Melalui sistem ini diharapkan pengajar memperoleh gambaran terkait dengan kondisi peserta didik serta rekomendasi perlakuan yang sesuai dengan kondisinya. Sistem yang terbentuk diimplementasikan di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret dan dievaluasi dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat persepsi kegunaan.