PENGEMBANGAN GAME GAMELAN SELONDING BALI BERBASIS VIRTUAL REALITY
Main Authors: | Dewantara, Ari Indrawan, Pradnyana, Gede Aditra, Wirawan, I Made Agus |
---|---|
Other Authors: | Universitas Pendidikan Ganesha |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/18500 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/18500/11081 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/downloadSuppFile/18500/1153 |
Daftar Isi:
- Gamelan adalah sebuah orkestra yang terdiri dari bermacam-macam instrumen yang terbuat dari batu, kayu, bambu, besi, perunggu, kulit, dawai, dan lain-lain dengan menggunakan laras pelog dan slendro. Salah satu cara agar generasi muda tertarik melestarikan gamelan selonding adalah dibuatkan sebuah game berbasis virtual reality, di mana penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia virtual akan membuat masyarakat antusias untuk mencoba memainkan gamelan selonding tersebut. Pengembangan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality ini memiliki fitur bermain bebas dan bermain dengan lagu.Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat melakukan evaluasi. Pengujian untuk mengetahui respon masyarakat setelah menggunakan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality dilakukan dengan metode angket dan memiliki hasil dengan persentase rata-rata sebesar 88.5% yang artinya aplikasi masuk kategori sangat baik.