Identifikasi Pengaruh Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Mengunjungi Toko Modern Pada Masa Pandemi
Main Authors: | Putra, Aldy Pratama; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Arifin Noer, Bustanul; Departemen Manajemen Bisnis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Apriyansyah, Bahalwan; Departemen Manajemen Bisnis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/83091 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/83091/7281 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/83091/39865 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/83091/39866 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/83091/39867 |
Daftar Isi:
- Peningkatan pandemi Covid-19 di Indonesia, menyebabkan pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan diantaranya adalah pembatasan sosial. Pemberlakuan kebijakan ini tentunya berakibat terhadap menurunnya niat kunjungan masyarakat terhadap toko modern. Maka dari itu, penelitian ini akan memverikasi bagaimana niat konsumen mengunjungi toko modern selama pandemi dipengaruhi oleh presepsi risko dan kepercayaan sosial. Kuesioner dibagikan secara online dan offline dengan total responden sebanyak 467 di area Kota Surabaya kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dan multigrup analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya brand trust, solidarity toward modern retail, dan fair price berpengaruh positif terhadap niat mengunjungi toko modern, serta status pekerjaan dinilai dapat memoderasi solidarity toward modern retail. Beberapa aspek tersebut dapat dimaksimalkan oleh pengelola toko modern untuk menarik konsumen.