Kajian Faktor Pengaruh Niat Pembelian Tas Mewah Melalui Social Commerce
Main Authors: | Sa'adah, Silviana Khalilatus; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Apriyansyah, Bahalwan; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Hakim, Nabila Silmina; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/82999 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/82999/7269 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/82999/39821 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/82999/39822 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/82999/39823 |
Daftar Isi:
- Berkembangnya penggunaan internet dalam transaksi pembelian, menyebabkan pergeseran perilaku konsumen dari yang sebelumnya melakukan offline buying menjadi online buying. Sektor industri yang banyak diburu oleh konsumen dalam pembelian online yakni sektor industri fashion, dengan trend fashion yang kini berkembang yakni luxury fashion. Penelitian ini menggunakan model teoritis Theory of Reasoned Action (TRA) untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi purchase intention pada luxury branded bag melalui social commerce dengan peran mediasi consumer trust. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan dianalisis dengan metode PLS-SEM. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 141 responden yang merupakan pengikut dari akun social commerce amoristbag dan voila.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention luxury branded bag adalah variabel social influence factor, serta hubungan keduanya berhasil dimediasi oleh peranan variabel consumer trust. Penelitian ini memberikan pemahaman yang baik mengenai perilaku konsumen kepada penjual branded bag, dengan memberikan implikasi yang dapat membantu merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menumbuhkan consumer trust konsumen branded bag Indonesia.