Daftar Isi:
  • Fakultas CREABIZ ITS menjadi Fakultas yang “unik” di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Hal ini dikarenakan Fakultas ini berperan sebagai “penghubung” berbagai Fakultas lain di ITS dalam memainkan perannya mulai dari merancang, membangun, dan mengelola. Akan tetapi keunikan tersebut tidak akan terkomunikasikan dengan baik ketika Fakultas ini tidak dapat memaksimalkan penggunaan media sosial yang dimiliki. Tidak adanya integrasi manajemen media sosial di Fakultas ini menyebabkan ketidakjelasan arah strategis branding Fakultas hingga penyuguhan content marketing yang tidak fokus. Akibatnya, target pasar media sosial Fakultas CREABIZ ITS tidak dapat menangkap value dari Fakultas tersebut. Dari semua permasalahan yang ada, maka penelitian ini akan memberikan luaran berupa buku panduan manajemen media sosial Fakultas CREABIZ ITS. Proses perancangan yang melibatkan berbagai perspektif, mulai dari pemangku kepentingan Fakultas tersebut, potential users media sosial Fakultas, hingga tim media sosial Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini akan menghasilkan empat luaran dengan menggunakan metode design thinking dan job analysis. Luaran pertama yaitu brand blueprint yang memuat foundation strategy, brand persona, creative strategy, serta communicative strategy. Luaran kedua yaitu brand guidelines yang memuat kaidah penggunaan logo dan warna primer maupun sekunder pada media sosial Fakultas. Luaran ketiga yaitu content guidelines yang memuat content approach, potential market, serta content marketing. Dan luaran terakhir yaitu rekomendasi tim media sosial Fakultas CREABIZ ITS yang akan memuat struktur organisasi dan detail job description hingga job specification masing-masing fungsional jabatan.