Analisis Tabulasi Silang pada Penggunaan Selebriti Endorser Internasional: Studi Kasus pada Nu Green Tea Indonesia
Main Authors: | Pramesthi Putri, I Gusti Agung Ayu Dinda; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Persada, Satria Fadil; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Apriyansyah, Bahalwan; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/60080 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/60080/6625 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/60080/28170 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/60080/28171 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/60080/28172 |
Daftar Isi:
- Meningkatnya permintaan di pasar sektor industri makanan dan minuman mengakibatkan kompetisi dalam industri tersebut meningkat dan perusahaan gencar dalam mencari dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu tren dalam strategi pemasaran kini di Indonesia untuk mempromosikan merek adalah dengan menggunakan selebriti endorser internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pengaruh penggunaan selebriti endorser internasional terhadap minat beli konsumen dengan menggunakan Nu Green Tea sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif demografi dan crosstab. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 385 responden. Temuan pada analisis demografi yakni mayoritas dari pengonsumsi Nu Green Tea adalah perempuan dengan rentang usia 18 – 20 tahun berdomisili di Pulau Jawa. Sedangkan temuan analisis crosstab adalah seluruh responden setuju bahwa selebriti endorser internasional mempengaruhi minat beli, meskipun terdapat perbedaan pada frekuensi konsumsi dan motivasi pembelian. Terdapat implikasi manajerial yang dapat diimplementasikan pihak perusahaan pengguna selebriti endorser internasional dengan tujuan meningkatkan minat beli dari konsumen.