Daftar Isi:
  • Pandemi COVID-19 telah menginfeksi Indonesia yang membuat masyarakat dan pemerintah ikut berperan serta dalam mengatasi COVID-19, salah satunya yaitu penerapan PSBB. Namun, adanya PSBB tersebut menimbulkan kerugian ekonomi, sehingga diterapkan kebijakan new normal untuk memulihkan ekonomi yang terdampak COVID-19. Pengusaha perempuan di Indonesia khususnya Surabaya sebagai ibukota provinsi Jawa Timur mengalami penurunan pendapatan dikarenakan kebijakan PSBB. Pandemi COVID-19 menimbulkan beberapa masalah bagi pelaku UMKM, namun terdapat kesempatan yang timbul, yaitu pelaku UMKM dapat menggunakan social media marketing. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan social media marketing berdasarkan faktor lokasi usaha pada pengusaha perempuan selama pandemi COVID-19. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan ANOVA. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 161 sampel. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara kelompok lokasi usaha terhadap dampak pada bisnis pengusaha perempuan. Terdapat implikasi manajerial yang disusun untuk pihak pengusaha perempuan dengan tujuan meningkatkan dampak pada bisnis mereka.