Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 SD Dengan Metode Learning The Actual Object

Main Authors: Prawiro, Sasmito Adi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Irawan, Andjrah Hamzah; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/533
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/533/163
Daftar Isi:
  • Perancangan ini diangkat sehubungan dengan kurang maksimalnya buku panduan yang dipakai dalam proses belajar mengajar disekolah yang ada sekarang, terutama Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas IV SD. Dengan metode ceramah yang digunakan guru-guru pada umumnya dan menggunakan buku pendamping yang kurang menarik mengkibatkan siswa lemah pada penghafalan dan susah untuk meningat nama-nama ilmiah dalam pelajaran IPA. Laporan ini dimaksudkan untuk memberikan salah satu solusi pengajaran IPA untuk siswa kelas IV SD dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan masalah yang dihadapi disini adalah bagaimana merancang media pembelajaran interaktif sebagai salah satu media pembelajaran alternatif pendukung proses belajar mengajar disekolah untuk kelas IV SD yang mudah dipahami secara materi dan memudahkan siswa untuk melihat sesuatu atau objek yang nyata. Metode awal yang digunakan adalah riset pembelajaran eksisting IPA yang sudah ada dari aspek kemudahan penyampaian materi maupun secara tampilan visual yang menarik, hal ini melibatkan berbagai pihak sehingga pengumpulan data pun dibagi dalam beberapa metode yaitu observasi, wawancara mendalam, serta studi pustaka. Dari karakteristik target segmen, AIO, dan aspek pasar maka diperoleh konsep atau metode "learning by seeing the actual object" sebagai acuan perancangan media pembelajaran interaktif IPA kelas IV SD. Wujud dari penelitian dan perancangan ini adalah sebuah CD multimedia pembelajaran interaktif. Dari keseluruhan hasil yang dicapai diharapkan memberikan nilai lebih untuk membantu para pendidik dalam memberikan pendidikan IPA yang menarik, menyenangkan dan mudah dipahami untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD.