Perancangan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses Belajar Kognitif pada Anak Autis di SLB
Main Authors: | Fardani, Faizal; Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Sayatman, Sayatman; Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/51618 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/51618/6203 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/51618/21245 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/51618/21246 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/51618/21247 |
Daftar Isi:
- Anak penyandang autistme adalah salah satu dari anak berkebutuhan khusus. Karakteristik dari anak penyandang autisme adalah kekurangan dan ketertinggalan terhadap beberapa hal daripada anak normal, salah satunya ketertinggalan pada aspek kognitif. Kekurangan tersebut perlu diupayakan agar anak penyandang autisme dengan keterbatasannya dapat memenuhi kebutuhan dirinya secara otonom. Sehingga perancangan ini diharapkan dapat membantu mempermudah anak autis dalam melakukan proses belajar kognitif.Metode yang dilakukan dalam perancangan ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara sebagai data primer dan kajian penelitian sebagai data sekunder. Didapatkan beberapa fakta berupa kesulitan dan kebutuhan guru dan anak autis dalam melakukan proses pembelajaran. Fakta-fakta tersebut disusun dan dianalisa menjadi konsep desain berupa aplikasi yang memuat animasi dan pengulangan suara sebagai media pembelajaran dengan tujuan menjaga fokus anak autis dan memotivasi anak autis dalam melakukan pembelajaran.Perancangan ini menghasilkan luaran berupa aplikasi media pembelajaran untuk anak autis yang berisikan animasi dan review materi dengan pengulangan suara sebagai adaptasi dan strategi baru cara belajar pada anak autis untuk mempermudah anak autis dalam melakukan kegiatan pembelajaran kognitif. Oleh karena terancangnya aplikasi ini, diharapkan dapat memunculkan motivasi dan memaksimalkan fokus pada anak autis sehingga mampu memudahkan dan menunjang proses belajar kognitif pada anak autis.