Perancangan Boardgame Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak SD Kelas 1

Main Authors: Nusantara, Dan Besta; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Irawan, Andjrah Hamzah; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/503
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/503/157
Daftar Isi:
  • Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan cukup penting karena erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tingkat sekolah dasar kelas 1, untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang ada, biasanya para pengajar melakukan pendekatan langsung dengan menunjukkan benda yang nyata. Namun terkadang tidak semua materi dapat disampaikan melalui pendekatan tersebut, misalnya saja pada materi mengenal benda langit serta gerak benda. Para guru tentunya akan merasa kesulitan untuk menunjukkan benda-benda tersebut secara langsung. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang ada, dibutuhkan sebuah media pendamping yang mampu membantu memudahkan serta menarik perhatian mereka untuk belajar. Dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mencangkup 3 aspek yaitu visual (gambar), audio (diskusi), dan kinestetik (meragakan) dengan cara berkelompok dan didukung suasana yang menyenangkan, untuk membentuk pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil studi terhadap beberapa pakar, hasil literatur, serta fokus grup diperoleh hasil bahwa boardgame merupakan media yang sesuai yang mampu mencangkup ketiga aspek modalitas belajar tersebut.