Desain Interior Daycare & Preschool sebagai Pendukung Metode BCCT dengan Implementasi Konsep Stimulating Space
Main Authors: | Azkiya, Nihla; Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Rachmaniyah, Nanik; Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/47503 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/47503/5786 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/47503/16668 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/47503/16675 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/47503/16684 |
Daftar Isi:
- Pendidikan prasekolah menjadi sebuah hal yang lazim ditemui pada era modern ini. Hal ini didasari oleh perkembangan anak yang dimulai dari usia dini, dan pentingnya pembentukan karakter serta pendidikan maupun pembelajaran dini yang sangat berpengaruh pada keberhasilan anak menghadapi masa depan. Untuk mendukung landasan tersebut, terciptanya sarana pendidikan prasekolah yang ditujukan untuk anak berusia 0-6 tahun. Bentuk dari sarana tersebut dapat berupa fasilitas penitipan anak (daycare), taman bermain (playgroup), maupun taman kanak-kanak (kindergarten). Menurut penelitian, diketahui bahwa lingkungan prasekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap pekembangan anak usia dini. Salah satu wujud dari lingkungan tersebut adalah sebuah desain interior pada sarana prasekolah. Perancangan ini akan memperhatikan pengaruh konsep stimulating spacepada desain interior dan keterlibatannya dalam mendukung metode Beyond Center and Circle Time(BCCT). Melalui konsep ini, aspek-aspek perkembangan anak akan distimulasi melalui elemen-elemen yang hadir pada desain interior fasilitas prasekolah. Stimulasi yang diciptakan ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan anak usia dini serta sesuai dengan metode pembelajaran BCCT yang diterapkan pada sarana prasekolah.