Perancangan Concept Art Game Berlatar Budaya Majapahit Sebagai Media Komunikasi Budaya

Main Authors: Utomo, Pandu Rukmi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Lakoro, Rahmatsyam; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/396
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/396/219
Daftar Isi:
  • Game merupakan media hiburan dengan pertumbuhan paling tinggi di antara media audio visual lainnya seperti musik, tv, dan film. Game hanya kalah dari pertumbuhan internet yang juga sangat luar biasa perkembangannya Game selain memiliki potensi yang amat besar dibidang Ekonomi, game bukan hanya sebagai media hiburan tetapi lebih kompleks lagi, Salah satu diantaranya fungsi komunikasi. Indonesia hingga saat ini tidak memiliki data lengkap mengenai seni budaya yang tersebar di setiap daerah. Perlindungan hak cipta terhadap seni budaya juga sangat lemah, sedangkan publikasi multimedia secara internasional mengenai produk seni budaya masih sangat minim. Akibat berbagai kelemahan ini, seni budaya Indonesia sering diklaim negara lain. Dengan memanfaatkan fungsi game sebagai media massa maka merancang sebuat game dengan cerita, concept art karakter dan environment yang memuat informasi budaya Indonesia diharapkan dapat menjadi publikasi multi media yang dibutuhkan oleh budaya Indonesia untuk melindungi dari klaim pihak asing. Kata Kunci—game, budaya dan concept art.