Boardgame Penunjang Perkembangan Kosakata Bahasa Indonesia untuk Keluarga
Main Authors: | Triastara, Avis; Departemen Desain Komunikasi Visual Institiut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ramadhani, Nugrahadi; Departemen Desain Komunikasi Visual Institiut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/38977 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/38977/5535 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/38977/11233 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/38977/11234 |
Daftar Isi:
- Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi, baik melalui lisan mapun tulisan yang digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional. Namun berdasarkan Renstra Badan Bahasa kompetensi siswa dalam bidang Bahasa Indonesia rendah. Hal ini disebabkan motede pembelajaran oleh guru di sekolah kurang kreatif, Sehingga diperlukan sebuah media kreatif yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada pengembangan kosakata. Konsep desain media boardgame ini adalah TANGKAS BERMAIN KATA, kata tangkas mewakili elemen kompetitif sekaligus menyampaikan pesan bernuansa cepat dan tepat, lalu bermain mewakili elemen permainan, kreatifitas dan aktifitas membaca, menulis dan mendengar yang dikemas dalam mekanik boardgame, sedangkan kata mewakili konten utama boardgame, sehingga diharapkan pemain tidak hanya cepat dalam menebak kata namun juga tepat sesuai dengan kaidah kebahasaan yang ada. Permainan ini dirancang melalui serangkaian metode penelitian diantaranya studi literature, In-Depht Interview, Prototyping dan Playtesting, sehingga menghasilkan sebuah boardgame kosakata Bahasa Indonesia yang tepat bagi usia 8 tahun keatas. Berdasarkan user test yang telah dilakukan boardgame tangkas berkata dapat mengakomodasi kegiatan pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia yaitu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara dan menulis. Namun perlu pengembangan lebih lanjut untuk menentukan variable mekanik yang tepat agar pengalaman bermain dapat ditingkatkan.