Prediksi Penjualan di Perusahaan Ritel dengan Metode Peramalan Hirarki Berdasarkan Model Variasi Kalender

Main Authors: Kartikasari, Puspita; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Suhartono, Suhartono; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2993
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2993/788
Daftar Isi:
  • Data penjualan perusahaan ritel Amigo Group mengindikasikan setiap tahun cenderung terjadi peningkatan di semua toko khususnya produk pakaian saat menjelang Idul Fitri. Idul Fitri terjadi mengikuti kalender hijriyah, inilah yang memunculkan adanya indikasi kasus efek variasi kalender. Tujuan dari penelitian ini yaitu meramalkan penjualan produk di tujuh toko dengan metode peramalan time series hirarki. Peramalan time series hirarki dilakukan dengan tiga pendekatan yaitu bottom-up, top-down proporsi histori, dan top-down proporsi peramalan. Nilai MAPE Simetri out-sample setiap pendekatan peramalan hirarki dibandingkan untuk mendapatkan model terbaik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa level 0 hem panjang dewasa pria, celana panjang jeans dewasa pria, dan jaket dewasa pria model terbaik yaitu bottom-up. Level 0 produk rok dewasa wanita dan celana panjang wanita model terbaik yaitu top-down. Level 1 hem panjang dewasa pria model terbaik yaitu top down proporsi histori dengan rata-rata proporsi dari rata-rata data asli tahun 2002-2011. Produk celana panjang jeans dewasa pria, rok dewasa wanita dan celana panjang wanita model terbaik yaitu top down proporsi histori dengan proporsi (1), sedangkan ntuk level 1 produk jaket dewasa pria model terbaik yaitu bottom-up.