Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia)
Main Authors: | Rainaldo, Mathias; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Wibawa, Berto Mulia; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Rahmawati, Yani; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/25277 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/25277/4635 |
Daftar Isi:
- Model bisnis merupakan metode yang membantu perusahaan untuk bercerita mengenai kondisi internal perusahaan. Melalui Business Model Canvas, perusahaan dapat menampilkan secara sederhana namun menyeluruh terhadap sembilan komponen esensial dari bisnis. Sehingga metode ini dapat digunakan untuk menganalisis model bisnis perusahaan kelas dunia seperti Uber. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis dari Uber menggunakan analisis Business Model Canvas. Data didapatkan dari hasil wawancara terhadap 15 mitra pengemudi Uber di Kota Surabaya dan hasil studi literatur pendukung. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Uber mendapatkan keuntungannya dari pembagian keuntungan dengan perusahaan mitra, pembagian keuntungan dengan mitra pengemudi, keuntungan dari kartu kredit, serta keuntungan dari Google/Apple atas unduhan aplikasi.