Model Dasar Pengembangan Business Model Canvas ke Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. Boma Bisma Indra)
Main Authors: | Dewi, Lintang Kusuma; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Nasution, Arman Hakim; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Noer, Bustanul Arifin; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/24371 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/24371/4773 |
Daftar Isi:
- Suatu perusahaan perlu memiliki pengukuran kinerja, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar usaha yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam mencapai tujuannya. Adapun Business Model Canvas (BMC) dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui arsitektur bisnis pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (BMC) eksisiting yang kemudian dikembangkan menjadi Balanced Scorecard (BSC) sebagai model pengukuran kinerjanya sehingga dapat dijadikan sebagai arahan strategi perusahaan. Penelitian ini menggunakan data dari PT. BBI dengan pendekatan eksploratif melalui metode interview kepada para manajer dan Board of Director PT. BBI. Hasil yang diperoleh berupa 13 strategi obyektif (SO) yaitu menurunkan beban usaha, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan produksi untuk setiap sektor produk, meningkatkan efektifitas pemasaran, memperluas pangsa pasar, meningkatkan jumlah partner strategis, meningkatkan on time delivery produk, melaksanakan reward dan punishment, meningkatkan produktifitas SDM, dan meningkatkan investasi untuk sistem kelola perusahaan.