Perancangan Komik Edukasi Matematika tentang Geometri untuk Kelas 5 SD dengan Konsep Sehari-hari
Main Authors: | Priambodho, Nurcahyo Bagus; Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indrojarwo, Baroto Tavip; Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/21031 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/21031/3290 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya nilai rata-rata mata pelajaran matematika pada Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di Surabaya. Kebanyakan siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika karena susah dipahami dan membosankan untik dipelajari.Pada anak-anak sekolah dasar, materi mengenai geometri yang paling susah dipahami karena harus meghafalkan beberapa rumus. Beberapa media edukasi matematika yang ada di pasaran terasa kurang efektif dalam membantu untuk mengatasi persoalan tersebut. Maka dibuatlah sebuah media yang digemari oleh anak-anak untuk belajar matematika berupa komik edukasi. Komik edukasi matematika ini menggunakan konsep kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah anak-anak dalam memahami matematika, memberi contoh cerita penggunaan permasalahan matematika pada kehidupan sehari-hari merupakan hal yang terbaik dan termudah. Konsep ini didapatkan dari hasil penelitian berupa interview dan kuisioner ke anak-anak di beberapa Sekolah Dasar di Surabaya. Hasil akhir dari penelitian dan perancangan media pembelajaran ini adalah sebuah buku komik edukasi matematika berwarna dengan ukuran 15cm x 22cm, pada setiap akhir cerita terdapat rangkuman materi dan contoh soal. Buku komik ini menjelaskan permasalahan matematika dengan bahasa dan teknik yang mudah dipahami oleh anak-anak