Penerapan Model Predictive Control (MPC) pada Kapal Autopilot dengan Lintasan Tertentu
Main Authors: | Sholikhah, Siti Aminatus; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Subchan, Subchan; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007/273 |
ctrlnum |
article-1007 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Model Predictive Control (MPC) pada Kapal Autopilot dengan Lintasan Tertentu</title><creator>Sholikhah, Siti Aminatus; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)</creator><creator>Subchan, Subchan; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)</creator><subject lang="en-US">Matematika</subject><subject lang="en-US">Kapal Underactuated; Model Dinamik Kapal; Model Predictive Control; MPC; Path Following</subject><description lang="en-US">Permasalahan dalam kendali kapal salah satunya adalah path following. Path following bertujuan mengarahkan kapal untuk mengikuti jalur yang ditentukan. Pada penelitian ini dikaji bentuk pengendali untuk memperkuat kendali terhadap masalah path following. Kapal yang menjadi objek pada penelitian ini adalah kapal yang berjenis underactuated. Kapal underactuated merupakan kapal dengan jumlah variabel yang dikontrol lebih banyak dari jumlah aktuator, dimana aktuator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol sebuah mekanisme atau sistem. Langkah pertama yang dilakukan adalah mentransformasikan model dinamik kapal terhadap lintasan sehingga didapatkan model dinamik kapal yang baru berupa error posisi kapal terhadap lintasan dan error orientasi (error sudut kapal). Selanjutnya digunakan pengendali MPC untuk menstabilkan gerak kapal.. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan pengendali MPC, error dari path following konvergen ke nol dan kapal dapat mengikuti lintasan yang diharapkan.</description><publisher lang="en-US">Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS</publisher><date>2012-09-13</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007</identifier><source lang="en-US">Jurnal Sains dan Seni ITS; Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Sains dan Seni ITS (ISSN 2301-928X); A45-A50</source><language>eng</language><relation>http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007/273</relation><rights>Penulis yang mempublikasikan artikel di jurnal ini setuju atas ketentuan-ketentuan berikut ini: Penulis(-penulis) tetap memiliki copyright dan menyerahkan hak jurnal atas publikasi pertama dari naskah secara simultan dengan lisensi  Creative Commons Attribution License yang memungkinkan pihak-pihak lain membagikan naskah tersebut dengan pengakuan atas authorship dari naskah dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis(-penulis) dapat memasukkan bahagian ke dalam perjanjian kontraktual tambahan untuk distribusi non-ekslusif dari versi terpublikasi dari naskah jurnal (contohnya, memasukkan post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).</rights><recordID>article-1007</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Sholikhah, Siti Aminatus; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Subchan, Subchan; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) |
title |
Penerapan Model Predictive Control (MPC) pada Kapal Autopilot dengan Lintasan Tertentu |
publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS |
publishDate |
2012 |
topic |
Matematika Kapal Underactuated Model Dinamik Kapal Model Predictive Control MPC Path Following |
url |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/1007/273 |
contents |
Permasalahan dalam kendali kapal salah satunya adalah path following. Path following bertujuan mengarahkan kapal untuk mengikuti jalur yang ditentukan. Pada penelitian ini dikaji bentuk pengendali untuk memperkuat kendali terhadap masalah path following. Kapal yang menjadi objek pada penelitian ini adalah kapal yang berjenis underactuated. Kapal underactuated merupakan kapal dengan jumlah variabel yang dikontrol lebih banyak dari jumlah aktuator, dimana aktuator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol sebuah mekanisme atau sistem. Langkah pertama yang dilakukan adalah mentransformasikan model dinamik kapal terhadap lintasan sehingga didapatkan model dinamik kapal yang baru berupa error posisi kapal terhadap lintasan dan error orientasi (error sudut kapal). Selanjutnya digunakan pengendali MPC untuk menstabilkan gerak kapal.. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan pengendali MPC, error dari path following konvergen ke nol dan kapal dapat mengikuti lintasan yang diharapkan. |
id |
IOS1966.article-1007 |
institution |
Institut Teknologi Sepuluh November |
institution_id |
196 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November |
library_id |
104 |
collection |
Jurnal Sains dan Seni ITS |
repository_id |
1966 |
subject_area |
Sosial dan Budaya |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS1966 |
first_indexed |
2016-09-24T00:33:23Z |
last_indexed |
2016-09-24T00:33:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1767050243733454848 |
score |
17.538404 |