MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA SOFTWARE PREZI
Main Authors: | Wirawan, Arif Wahyu; Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, Widodo, Jumiyanto; Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Stdi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9890 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9890/7318 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yangdilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuanyang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas XI AP2 SMK Negeri 3 Surakarta yangberjumlah 29 siswa terdiri atas 29 siswa perempuan. Teknik pengumpulandata yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes evaluasi, dandokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru matapelajaran administrasi kepegawaian, peneliti, teman sejawat dan dokumen.Peneltian ini meliputi empat tahap disetiap siklusnya, yakni: (1) perencanaantindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwaterdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaianmelalui penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan mediasoftware prezi. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan hasil belajarmata pelajaran administrasi kepegawaian dengan KKM ≥ 75 pada siklus Isebesar 79,3% atau 23 siswa dan siklus II 100% atau 29 siswa. Kendalapenerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media software preziyaitu (a) guru kurang menguasai kelas, (b) pembagian waktu kurangmaksimal, (c) guru masih kurang tanggap terhadap siswa yang kurang aktif.Solusinya (a) guru diberikan arahan kembali dan semangat dalam penerapanpendekatan Scientific dengan menggunakan media Software Prezi, (b) guruharus pandai dalam pembagian waktu secara maksimal, (c) guru harus lebihtanggap lagi kepada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar, Media Prezi