AUTHENTIC PROBLEM BASED LEARNING (aPBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA
Main Authors: | Aji, Sudi Dul, Hudha, Muhammad Nur, Permatasari, Anggita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sebelas Maret Surakarta
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9851 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9851/7281 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Fisika pada tingkat sekolah diarahkan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran authentic Problem Based Learning (aPBL) yang dirancang dengan tujuan agar siswa terampil menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapai masalah baru dengan cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Mc Taggart dengan tahapan; indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kemampuan pemecahan masalah siswa diukur menggunakan soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan aPBL (authentic Problem Based Learning) dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah siswa. 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat. sebesar 25,33%. Dengan demikian, authentic Problem Based Learning (aPBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.