PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRINSIPPRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
Main Authors: | H, Chomsah Choirotu; Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, Murwaningsih, Tri; Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, Rahmanto, Andre Novie; Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Stdi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9791 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9791/7234 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X AP 1 pada mata pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran dan peserta didik kelas X AP 1 di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, peneliti dan partisipasi aktif dari peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat. Ratarata hasil belajar kognitif peserta didik pada pratindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi (86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan ratarata hasil belajar psikomorik peserta didik antar pratindakan (80,83), siklus I (80,33) dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya. Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik padakriteria tuntas dengan nilai ratarata (>75%). Dan hasil belajar afektif siklus I terjadi peningkatan ratarata peserta didik terutama aspek kedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan ratarata sikap peserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Prinsipprinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar padapeserta didik kelas X AP 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.