MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KARAKTER KREATIF (Suatu Studi pada Perkuliahan Zoologi Invertebrata)

Main Authors: Rusyana, Adun, Rustaman, Nuryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/975
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/975/629
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Studi tentang implementasi model pembelajaran Zoologi Invertebrata berbasis masalah (MPZIBM) berfokus pada upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh MPZIBM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang dapat membekali calon guru Biologi untuk bisa merancang pembelajaran Biologi berbasis keterampilan berpikir kreatif, dan evaluasi pembelajaran Biologi yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif. MPZIBM unggul dalam meningkatkan keterampilan berpikir pada kelompok/unit materi pelajaran yang memiliki struktur morfologi/anatomi yang berkembang secara jelas. MPZIBM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan kategori sedang (%g= 43 %). Kata Kunci: MPZIBM, keterampilan berpikir kreatif.