UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARLOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN KUTOSARI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Fitriyadi, Fajar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Phederal Penjas , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/penjaskesrek/article/view/945
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/penjaskesrek/article/view/945/600
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggigaya straddle pada siswa kelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro KabupatenPekalongan melalui model pembelajaran bermain.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitiandilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswakelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yang berjumlah38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan dataadalah dengan cara observasi tes kemampuan dan penelitian hasil belajar lompattinggi gaya straddle. Tekni kanalisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah secara deskriptif interaktif.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmelalui model bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gayastraddle pada siswa kelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro KabupatenPekalongan. Dari hasilan alisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan darisiklus I dan siklus II. Hasil belajar lompat tinggi gaya Straddle pada siklus Idalam kategori tuntas adalah 52,6% jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa.Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar dalam kategori tuntas81,5% dengan siswa yang tuntas adalah 31siswa.Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Tinggi, Gaya Straddle, Deskriptif Interaktif.