MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN DALAM PENCAK SILAT MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Main Author: | MURSIDI, ALI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Phederal Penjas
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/penjaskesrek/article/view/940 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/penjaskesrek/article/view/940/595 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan depandalam pencak silat melalui penggunaan media alat bantu pembelajaran pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakandalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasidan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragentahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Pengumpulan data dengan tes tendangan depan pencak silat dan observasi aktifitas pesertadidik dan guru selama kegiatan belajar mengajar tendangan depan pencak silat denganmenggunakan alat bantu Pembelajaran. Avaliditas data dengan teknik triangulasi. Data dalampenelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah skor perolehantendangan depan pencak silat, data kualitatif terdiri dari: aktivitas guru, keaktifan siswa,aktifitas siswa, dan penggunaan alat bantu. Data kuantitatif dianalisis dengan T-testsedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis kritis.Pada penelitian ini menghasilkan suatu data peningkatan siswa dalam mempelajaritendangan depan menggunakan media alat bantu pembelajaran. Ketercapaian ketuntasan hasilbelajar tendangan depan pencak silat dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 38.71%. Dari siklus 1ke siklus 2 sebesar 12.91%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan darikondisi awal ke siklus 2 sebesar 51.62%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: Penggunaan media alat bantupembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan depan pencak silat pada siswakelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen tahun pelajaran 2011/2012.Kata kunci : Pembelajaran tendangan depan pencak silat, media alat bantu pembelajaran,hasil belajar tendangan depan pencak silat.