PENINGKATAN PENGENALAN HURUF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM PADA ANAK KELOMPOK A TK AL ISLAM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Main Authors: Hapsari, Ganis; Sebelas Maret University, ., Yulianti; Sebelas Maret University, Lestari, Lies; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9364
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9364/6908
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/9364/1241
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengenalan huruf melalui model pembelajaran quantum pada anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan huruf melalui model pembelajaran quantum. Prosentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 31,57% . Pada siklus I pertemuan I mencapai 47,36%. Pada siklus I pertemuan II meningkat 57,89%. Pada siklus II pertemuan I meningkat 68,42% . Pada siklus II pertemuan II tuntas 78,94%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran quantum dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci: kemampuan pengenalan huruf, quantum, dan anak usia dini. ABSTRACT The purpose of this research are to improve the skills of letter recognition through quantum learning on the A group children of TK Al Islam 4 Surakarta 2015 /2016 academic Year. This research is a classroom action research that be held in two cycles. Every cycle consists of four steps. The steps are plan, action, observation and reflection. The subjects of action research are A group children which consists of 19 children.. The results of research showed there is increased of ability to letter recognition through quantum learning model. Percentage of completeness on pre-action amounted to 31.57%. First meeting in the first cycle percentage of completeness increase to 47.36%. Second meeting in the first cycle increase to 57.89%. First meeting in the second cycle increase to 68.42%. second meeting in the second cycle increase to 78.94%. The Conclusions of this research is that the quantum learning model can improve child literacy on the A group children of TK Al Islam 4 Surakarta 2015 /2016 academic year. Keywords: letter recognition capabilities, quantum, and early childhood.