PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR

Main Authors: Muawiyah, Dyah; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Bakti; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9363
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9363/7470
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Siswa yang memiliki rasa percaya diri dengan kategori sedang hingga tinggi pada siklus 1 sebesar 51,52% dan 48,48%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 42,42% dan 58,58%. Untuk aspek afektif, diperoleh ketercapaian sebesar 81.82% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2 siswanya bersikap baik hingga sangat baik. Untuk aspek psikomotor, diperoleh ketercapaian sebesar 100% siswa tuntas, sedangkan untuk aspek kognitif pada siklus 1 dan 2 diperoleh ketercapaian sebesar 39% dan 91% siswa tuntas.