PENINGKATAN PERILAKU EMPATI ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI COOPERATIVE PLAY KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Main Authors: | Pratiwi, Septi Bayu; Sebelas Maret University, Wahyuningsih, Siti; Sebelas Maret University, Syamsuddin, Muhammad Munif; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9299 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9299/6867 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/9299/1227 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan meningkatkan perilaku empati anak melalui cooperative play anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui cooperative play dapat meningkatkan perilaku empati anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta Tahun Ajara 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perilaku empati anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 36%, siklus I sebesar 63%, dan siklus II sebesar 91%Kata Kunci: perilaku empati, cooperative play, bermain kooperatif ABSTRACT This research aims to improve the emphaty behaviorby cooperative playfor children in group B of TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta in 2016/2017 academic year. This research is a form of classroom action research (CAR). It is implemented in two cycles. Each cycles consist of three meetings with four phases, those are planning, implementation, observation, and reflection. Subject in this study were children in group B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta in period 2016/2017 is 11 children. The way of data collection technique is observation, interview, and documentation. Validity of data used source triangulation and techcique triangulation. The way of data analysis consist of data reduction, data serving, and conlusin. The conclusion of this research is within cooperative play can improve the emphaty behavior for children in group Bof TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta in period 2016/2017 academic year. It was proofed by improvement of children skill in every cycle. Capability of task in precycle is 36%, in first cycle is 63%, then in the second cycle is 91%. Keyword: emphaty behavior, cooperative play