PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK

Main Authors: Isnaeni, Nurul, -, Sudiyanto, Muchsini, Binti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Tata Arta , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/9253
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/9253/6848
Daftar Isi:
  • ABSTRACTThe objective of this research is to investigate whether there is a difference of critical thinking ability between the students instructed with the problem-based learning model and those instructed with the conventional learning model in Accounting learning at Vocational High School. This research used the experimental research method Quasi Experimental Design with the Nonequivalent Control Group Design. Its population was all of the students as many as 315 of Accounting Expertise Department. The samples of research consisted of 31 students in Grade XI.1 as the experimental group and 30 students in Grade XI.3 as the control group. The data of research were collected through limited essay test, observation, and documentation. They were validated by using the content validity and analyzed by using the Independent Sample T-Test with the prerequisite tests of normality test and homogeneity test. The results of research show that there is a difference of critical thinking ability between the students instructed with the problem-based learning model and those instructed with conventional learning model in Accounting learning as indicated by the result of the Independent Sample T-Test that the value of tcount = 5.174 was greater than that of ttable = 2.001. The students instructed with the problem-based learning model have a better critical thinking ability than those instructed with the conventional learning model. Keywords: Problem-based learning, critical thinking ability, accounting learning ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning dan peserta didik yang belajar menggunakan model konvensional pada pembelajaran akuntansi di SMK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik paket keahlian akuntansi yang berjumlah 315 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian terbatas, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan Independent Sampel T-test dengan uji persyaratan yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model problem based learning dan peserta didik yang belajar dengan model konvensional pada pembelajaran akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel (5,174 > 2,001). Peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Kata Kunci: model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, pembelajaranakuntansi