PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE CERITA DENGAN TEMA “MURIDKU RANI” PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-ISLAM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Authors: | Wardani, Anita; Sebelas Maret University, Wahyuningsih, Siti; Sebelas Maret University, ., Sularmi; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9230 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9230/6830 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandiriananakmelalui media ceitadengantema “Muridku Rani” pada anak kelompok B TK Al- Islam 4Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al- Islam 4 Surakarta yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandiriananakmelaluiceritadengantema “Muridku Rani”. Prosentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 33,33%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 46,67%. Pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi53,33%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 60,00%. Pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 80,00%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ceritadengantema “Muridku Rani” dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok.B TK Al- Islam 4Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci: kemandiriananak, metodecerita. ABSTRACT The purpose of this research are to improvechildren’sindependence by storytelling thema “Muridku Rani” on the B group children of TK Al- Islam 4 Surakarta 2015/2016 academic year. This research is a classroom action research that be held in two cycles. Every cycle consist of four steps. The steps are plan, action, observation and reflection. The subjects of action research are B group children which consists of 15 children. The result of research showed there is increasing of children’sindependenceby storytelling thema “Muridku Rani”. Percentage of completeness on pre-action amounted to 33,33%. First meeting in the first cycle percentage of completeness increase to 46,67%. Second meeting in the first cycle increase to 53,33%. First meeting in the second cycle increase to 60,00%, second meeting in the second cycle increase to 80,00%. The conslusion of this research are strorytellingthema “Muridku Rani” can improve children’s independence on the B group children of TK Al- Islam 4 Surakarta 2015/2016 academic year.Keywords: story telling, independence of children