UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN WOODBALL PADA ANAK KELOMPOK B TK MAWAR BANTENGAN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Saputriani, Dian; Sebelas Maret University, Wahyuningsih, Siti; Sebelas Maret University, Palupi, Warananingtyas; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9113
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/9113/6768
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar pada anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan woodball dapat meningkatkan perkembangan fisik motoik kasar pada anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan degan meningkatnya perkembangan fisik motoik kasar anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 42,9%, dan siklus II sebesar 82,9%.Kata kunci: motorik kasar, permainan, woodball ABSTRACT This researchaims to improve the physical development of gross motor skills in children in group B TK Rose Bantengan Karanggede the academic year 2015/2016. Forms of this research is the Classroom Action Research (PTK). This study was conducted over two cycles. Each cycle consists of two meetings with the four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were children in group B TK Mawar Bantengan Karanggede academic year 2015/2016, amounting to 35 children. Data collection techniques used were interviews, observation, performance, and documentation. The validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques.Analysis of data using an interactive model that consists of data reduction, data presentation, and conclusion. The conclusions of this research is through woodball games can increase physical development in children motoik rough group B TK Mawar Bantengan Karanggede the academic year 2015/2016. This is evidenced degan increasing physical development motoik rambunctious children at each cycle. Pratindakan completeness of 20%, the first cycle of 42.9%, and 82.9% the second cycle. Keywords: gross motor, play, woodball