PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASIPENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Main Author: SP, Jenny Indrastoeti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8944
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8944/6505
Daftar Isi:
  • Sekolah-sekolah pada saat ini menghadapi tantangan di dalam mendidik generasi mudayang merupakan penerus bangsa, dalam hal membentuk dan mengembangkan karakter.Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal I UUSisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalahmengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlakmulia. Amanah UU Sisdiknas tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak hanyamembentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter.Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk dimulai pada anak usia dini karenapendidikan karakter adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai,sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Melaluiimplementasi pendidikan karakter di sekolah dasar, diharapkan peserta didik memiliki nilainilai moral dan budi pekerti yang membentuk kepribadian yang tangguh. Peserta didikmerupakan generasi yang akan menentukan nasib bangsa di kemudian hari. Karakter yangterbentuk sejak sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari. Karakterakan terbentuk dengan baik, jika dalam proses tumbuh kembang, mereka mendapatkan cukupruang untuk mengekspresikan diri secara leluasa. Artikel ini akan membahas tentangpendidikan karakter di sekolah dasar, dan pelaksanaan penerapan nilai-nilai pendidikankarakter dalam pembelajaran di sekolah dasar.Kata Kunci: karakter, pendidikan, sekolah dasar