PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERITA BERBASIS PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA SMP

Main Author: Mustafa, Devy Anggraeny Ina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8922
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8922/6484
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa akan pembelajaran bahasaIndonesia berdasarkan studi pustaka dan studi lapangan, (2) memaparkan perencanaan danpengembangan awal bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatan prosesberdasarkan analisis kebutuhan siswa, (3) mengetahui kelayakan bahan ajar pembelajaranmenulis cerita berbasis pendekatan proses bagi siswa SMP menurut ahli, guru bahasaIndonesia, serta siswa, (4) menghasilkan bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasispendekatan proses yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangandengan prosedur pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi: analisis kebutuhan,perencanaan pengembangan produk, pengembangan produk, evaluasi produk, dan dihasilkanproduk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran menulis ceritaberbasis pendekatan proses bagi siswa SMP, adalah sebagai berikut. (1) Siswa memerlukanbahan ajar yang berisi cara menulis cerita. (2) Perencanaan dan pengembangan bahan ajardisesuaikan dengan temuan dari analisis kebutuhan, dengan meramu materi cerita dan caramenulis cerita berdasarkan teori pendekatan proses menjadi satu kesatuan. (3) Kualitas bahanajar pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dangambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan menurut ahli, secara keseluruhan berkualitas―baik‖. (4) Produk akhir berupa bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatanproses yang dikembangkan terdiri dari tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar I berisipengenalan cerita, sedangkan kegiatan belajar II dan kegiatan belajar III berisi tahapanmenulis cerita dengan pendekatan proses.Kata kunci: bahan ajar, menulis cerita, pendekatan proses