Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Konstruktif Menggunakan Kertas Kokoru Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

Main Authors: Rahmawati, Nur Wulan; Sebelas Maret University, ., Chumdari; Sebelas Maret University, Lestari, Lies; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8908
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8908/6477
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8908/1157
Daftar Isi:
  • ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru pada anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tugas. Teknik validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah dengan bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan motorik halus anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan prasiklus sebesar 43,48% , siklus I sebesar 65,21% , dan pada siklus II sebesar 82,60%.Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Bermain Konstruktif, Kertas KokoruABSTRACT. The aim of this research to improve fine motor skills through constructive play activities using kokoru paper on children in group A kindergarten Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta academic year 2015/2016. This study is a Class Action Research (CAR). Actions taken consisted of two cycles, each cycle consisting of three meetings. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection.. The subjects were teachers as well as all children in group A kindergarten Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta amounting to 23 children. The data collection techniques in this research is observation, interview, documentation, and provision of duty. The data validity technique is using sources triangulation and techniques triangulation. The data analyzed using an interactive model, encompassing: data reduction, data presentation and conclusion. The conslusion of this research was to play a constructive use of kokoru paper can improve fine motor skills of children in group A in kindergarten Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta in period 2015/2016. It was proofed by improvement of children skill in every cycle. Capability of task in precycle is 43,48%, in first cycle is 65,21%, and in the second cycle is 82,60%.Keywords: Fine Motor Ability, Constructive Play, Kokoru Paper