Penerapan Metode Mind Map Untuk MeningkatkanKemampuan Bercerita Pada Anak Kelompok B 2 TK Al-Fatah Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

Main Authors: Mulyatno, Mahendra Lalita; Sebelas Maret University, Sujana, Yudianto; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8779
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8779/6438
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8779/1095
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita dengan menggunakan metode mind map.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah anak kelompok B 2 TK AL-Fatah Karanganyar, tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22orang anak, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi/arsip.Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwakemampuan bercerita anak pada prasiklus yang tuntas 7 orang anak (31, 82%), pada siklus I ada 12 orang anak (54,55%), dan pada siklus II meningkat menjadi 18 orang anak (81,82%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind map dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak. Kata kunci: Kemampuan bercerita, metode mind map.ABSTRACT This research aim to improve ability of story telling through mind map method. This research is classroom action research (CAR) and it consist of two cycles, each cycle conducted four phase are namely planning, action, observation, and reflection. The subject of this research are children in B 2 group TK AL-Fatah Karanganyar in academic year 2015/2016 that consisted of 22 children (12 boys and 10 girls). Data collection tecniques conducted by test, observation, interview, and documentaion/archives. The data validity test were source triangulation and method triangulation. Data analysis in this research using interactive model, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The result of the research showed improving in ability story teling in children of precycle as 7 children (31,82%), in first cycle as 12 children or (54,55 %), and the second cycle siklus II improve to 18 children (81,82%). The conclution of the research that using mind map method can improve ability of story telling in children.Keywords: Ability story telling, mind map method.