EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Authors: | -, Wahyu Istuningsih -, -, Mintasih Indriayu -, -, Muhammad Sabandi - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8776 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8776/6417 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antarapenggunaan concept attainment model dan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan concept attainment model dengan pembelajaran yang menggunakan mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata posttest kedua kelompok memiliki perbedaan dan dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,003 lebih besar dari t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%), (2) hasil perhitungan nilai gain dengan t-test diperoleh t hitung 2,182 lebih besar dari t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi5%). Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah kedua model yang digunakan menunjukkan perbedaan yang signifikan dan concept attainment model lebih efektif dibandingkan dengan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kata The purpose of this research is (1) to find a significant difference between the use ofconcept attainment model and mind mapping model to student learning outcomes, (2) to determine differences in learning outcomes students more effectively between learning by using the concept attainment instructional models with learning by using mind mapping. This type of research is a kind of quasi-experimental research with study design nonequivalent control group pretest-posttest design. Data analysis technique was used the t test. The results of research showed that: (1) the average value of the two groups have different posttest and evidenced by t-test calculation results obtained tcalculate 2,003 bigger than t table 1.992 (df 75th with a 5% significance), (2) the calculation of the value of the gain by t-test obtained t calculate 2,182 bigger than t table 1.992 (df 75th with a 5% significance). Conclusions based on the results of theresearch are the two models used show a significant difference and concept attainmentmodel is more effective than the model of mind mapping to student learning outcomes on economic subjects class XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar school year 2015/2016.