PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH SUMBER III TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Ariningrum, Rahajeng Setya; Sebelas Maret University, ., Sadiman; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8755
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8755/6435
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8755/1093
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menerapkan model Quantum Teaching pada anak kelompok B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta yang berjumlah 21 orang dan guru kelompok B3. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara anak pada setiap siklus. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 8 anak (38,1%) dari 21 anak. Pada siklus I diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 8 anak (38,1%). Pada siklus II ketuntasan keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan sebesar (47,6%) atau 10 anak. Pada siklus III diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 13 anak (61,9%). Dan pada siklus IV diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 17 anak (80,9%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak Kelompok B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci:keterampilan berbicara, Quantum Teaching ABSTRACT The purpose of this study is to improve speaking skills by applying the model of Quantum Teaching in group B children kindergarten Aisyiyah Sumber III Surakarta Academic Year 2015/2016. This research is a classroom action research (CAR) conducted in four cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Subjects and sources of data in this study is the group B3 kindergarten children Aisyiyah Sumber III Surakarta which numbered 21 people and teachers groups B3. The data collection technique is carried out through observation, interviews, documentation and test performance. The validity of the data used is source triangulation and triangulation techniques. Data analysis technique used is interactive analysis model of Miles and hubbermen which includes data collection, data reduction, observation, and reflection. The results of this classroom action research showed an increase in the speaking skills of children in each cycle. In the pre-cycle gained mastery skills speak a number of 8 children (38.1%) of 21 children. In the first cycle obtained mastery skills speak a number of 8 children (38.1%). In the second cycle completeness speaking skills of children increased by (47.6%) or 10 children. In the third cycle gained mastery skills speak a number of 13 children (61.9%). And in cycle IV acquired mastery of skills speak a number of 17 children (80.9%). Based on the results of a classroom action research conducted in four cycles can be concluded that the model through Quantum Teaching can improve speaking skills of children Group B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Academic Year 2015/2016.Keywords: speaking skills, Quantum Teaching