PENGARUH TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Main Authors: Sholihah, Mar'atus; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University, Syamsuddin, Muhammad Munif; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8723
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8723/6428
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8723/1081
Daftar Isi:
  • ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik token economy terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah 5 anak usia 4-5 tahun di TK An Nahl Cemani. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk checklist untuk mengukur perilaku prososial pada anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik token economy terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun.Kata Kunci: token economy, perilaku prososial, anak usia diniABSTRACT. This study aims to determine the effect of the technique token economy toward prosocial behavior of children aged 4-5 years. This research is a quantitative quasi experimental design with nonequivalent control group design. Samples were five children aged 4-5 years in kindergarten An Nahl Cemani. Methods of data collection using observation in the form of a checklist to measure prosocial behavior in children. Data analysis using independent sample t-test with SPSS 15 for windows. The results showed that there are significant technical uses token economy toward prosocial behavior of children aged 4-5 years.Keywords: token economy, prosocial behavior, early childhood