PENGARUH MODELTAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO
Main Authors: | Pratiwi, Tiara Dyah; Sebelas Maret University, Sujana, Yudianto; Sebelas Maret University, Pudyaningtyas, Adriani Rahma; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8699 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8699/6433 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh Take and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Ar-Rohmah Wirun, Mojolaban, Sukoharjo. Desain yang digunakan adalah between subject dengan sampel independen sejumlah 24 anak pada masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan skala untuk mengukur kemampuan berbicara anak. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reliabilitas mengunakan alpha cronbach’s. Analisis data menggunakan t-test setelah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model take and give memberikan pengaruh terhadap Kemampuan berbicara anak kelompok A. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol. Kata Kunci: ,model take and give, kemampuan berbicara, pendidikan anak usia dini.ABSTRACT The quasi-experimental research aimed to examine the effect of take and give models to the speech capability of children in a group at ar-rohmah kindergarten Wirun Mojolaban Sukoharjo. Design which is used between subject and independent sample of 24 children in each of control and experimental groups. Data was collected by scale to measure speech capability children. Validity of the instrument by the construct validity, while the reliability test by alpha cronbach’s. The data is analyzed by t-test after test prerequisites consisting of normality and homogeneity test. The results showed take and give models influence to ward the speech capability of children in A group. This is evidenced from the results posttest experimental group was significantly different when compared with the control group posttest results Keywords: take and give models,speech capability, early childhood education.